Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghindari Resiko Tertelan Saat Bermain Lego Juniors

Tidak banyak orang tua yang mengetahui bahwa lego saat ini dapat dimainkan di segala usia. Jika ingin membelikan lego untuk anak-anak yang masih dalam tahap pertumbuhan dan perkembangan, maka pilih saja lego juniors. Akan tetapi, pastikan untuk mengetahui juga cara menghindari resiko tertelan pada anak.

Bagaimana Cara Menghindari Resiko Tertelan Lego Juniors?

Ketika anak-anak mendapatkan mainan baru, tentu saja mereka akan sangat antusias dalam memainkannya. Termasuk mainan lego yang memiliki banyak warna, bentuk, dan ukuran. Hanya saja, bagaimana cara aman agar si kecil dapat terhindar dari resiko tertelan? Di bawah ini diantaranya:

1.   Dampingi Anak

Sebagai orang tua, Anda memiliki peran penting untuk mendampingi si kecil agar si kecil tetap dapat bermain dengan aman. Mengapa? Hal tersebut dikarenakan si kecil bisa saja menelan lego yang ukurannya kecil. Tentu saja hal ini akan membahayakan jika tidak ada pengawasan saat mereka bermain.

Lego Juniors

Oleh karena itu, untuk memastikan si kecil aman selama bermain lego sangat penting untuk mendampingi mereka. Anda juga dapat mengedukasi langsung si kecil agar nantinya mereka juga sudah memahami bahwa menelan lego adalah hal yang tidak diperbolehkan.

2.   Klasifikasikan Lego

Selain mendampingi anak saat bermain, sangat penting juga bagi Anda untuk memisahkan koleksi mainan lego tersebut. Ada baiknya untuk memisahkan mainan lego milik orang tua dan anak. Dengan begitu, si kecil hanya akan memainkan lego yang memang khusus untuk anak-anak.

Dengan menerapkan cara yang satu ini, tentu saja akan lebih mudah menjaga dan mengawasi si kecil agar tidak akan terjadi resiko menelan lego. Anda juga bisa menyembunyikan mainan lego orang dewasa agar si kecil tidak menemukan dan memainkannya.

3.   Pilih Ukuran Lego

Sebelum membeli lego, sangat penting bagi Anda untuk memperhatikan ukuran dari mainan tersebut. Terlebih jika mainan ini akan diberikan kepada anak yang masih berusia di badah lima tahun. Dalam hal ini, ada baiknya untuk memberikan lego dengan ukuran yang lebih besar dari umumnya.

Lego tersebut nantinya akan didesain dengan varian balok susun yang lebih besar. Tentu saja, akan lebih mudah dalam meminimalisir resiko tertelan saat dimainkan anak. Akan tetapi, mungkin saja si kecil akan tetap mencoba menelan mainan tersebut. Oleh karena itu, pendampingan adalah solusi tepatnya.

4.   Pilih Lego Berkualitas

Selain beberapa hal di atas, Anda juga perlu memilih lego dengan mempertimbangkan kualitasnya. Pasalnya, lego yang berkualitas tentu akan didesain sedemikian rupa agar aman dimainkan oleh anak-anak. Meski mereka berusia di bawah lima tahun sekalipun.

Selain itu, dengan memilih lego berkualitas tentu bahan yang digunakan pun akan lebih aman dan ramah anak. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir lagi mengenai bahan yang digunakan serta dapat langsung mengenalkan mainan ini pada anak.

5.   Pilih Lokasi yang Aman

Sangat penting juga bagi Anda untuk memperhatikan seperti apa lokasi yang akan digunakan saat bermain lego. Dengan memilih lokasi yang aman, tentu permainan lego dapat dilakukan dengan aman juga. Ada baiknya untuk memilih lokasi yang memang memudahkan dalam memantau anak.

Hal ini dilakukan agar nantinya setiap saat Anda dapat mengetahui seperti apa proses anak bermain lego tersebut. Adanya pemilihan lokasi yang tepat juga akan memudahkan untuk mengawasi si kecil agar mereka tidak menelan kepingan lego tersebut.

Itu tadi beberapa cara yang dapat Anda lakukan saat ingin meminimalisir resiko tertelan lego juniors. Saat ini sendiri sudah ada banyak varian lego yang dapat dijadikan pilihan. Dengan menerapkan beberapa cara di atas tentu saja tidak perlu khawatir lagi saat ingin mengenalkan permainan ini pada si kecil.

Posting Komentar untuk "Cara Menghindari Resiko Tertelan Saat Bermain Lego Juniors"